Tuesday, October 31, 2017

Jangan Sampai Terlambat! 9 Tanda Ini Menandakan Kalau Liver mu Bermasalah, No 3 Perlu Kamu Waspadai Karena Sering Terjadi..!

Sahabat Bagikan Yah - Tanda-tanda liver dapat di ketahui dengan kamu memperhatikan pergantian yang terjadi pada tubuh. Liver atau hati yaitu organ terbesar dalam tubuh yang memiliki banyak fungsi. Satu diantara fungsi dari organ hati atau liver yaitu mengganti sel tubuh yang rusak/hilang. Namun, bila sel-selnya hilang maka, liver tidak dapat memenuhi keperluan tubuh dengan baik.
Karenanya, kesehatan liver mesti terbangun karena demikian banyak dan utama fungsinya untuk tubuhmu. Terdapat beberapa penyakit liver salah satunya sirosis hati, hepatitis, kanker hati serta yang lain. Penyebabnya penyakit liver yang seringkali yaitu karena infeksi virus. Agar anda tahu bila organ liver punya masalah, baiknya kenali beberapa gejalanya.

1. Sering merasakan kram atau sakit di perut
Organ hati atau liver terdapat dibagian dada samping kanan diatas perut. Waktu terganggu, bagian itu aakan merasakan kram serta sakit. Tanda-tanda ini dapat berulang bahkan juga makin parah bila tak selekasnya memperoleh penanganan.

2. Sembelit
Karena sistem produksi empedu terhalang dapat menyebabkan sembelit atau sulit BAB. Bila sembelit biasa tentu lebih banyak makan makanan memiliki serat dan minum obat pencahar akan pulih. Namun, bila organ liver punya masalah, sembelit berlangasung hingga beberapa minggu.

3. Nafsu makan berkurang
Satu di antara fungsi liver yaitu menghasilkan empedu yang bertugas untuk memecah sari-sari makanan dan menimbulkan perasaan lapar. Bila hati bermasalah, pasti produksi empedu terbatas mengakibatkan metabolisme lambat serta menimbulkan rasa kenyang di perut. Hingga, penderita kerusakan hati akan kehilangan nafsu makannya yang selanjutnya berat badan selalu menurun.

4. Sering ingin mual dan muntah
Saat organ hati terganggu, tubuh bakal menunjukkan tanda-tanda liver seperti mual serta muntah yang berulang. Hal semacam ini karena ada penumpukan racun dalam tubuh terlebih pada saluran pencernaan. Nah, untuk menetralisir ini tubuh merangsang rasa muah sampai semua racun dimuntahkan. Jika anda sering merasakan muntah tanpa ada alasan, periksakan diri ke dokter secepat-cepatnya.

5. Terjadi perubahan warna urin dan feses
Pasien liver biasanya mengalami perubahan warna urin. Sebab, kandungan bilirubin yang dibuat oleh organ ginjal tidak bisa lagi disaring oleh hati. Berikut yang membuat warna urin berubah jadi lebih gelap dari biasanya. Selain itu, warna feses juga turut berubah jadi lebih kuning atau abu-abu.

6. Perut terasa kembung
Saat keadaan liver makin bertambah kronis, perut akan terasa kembung serta terlihat lebih mengembang. Ini karena ada penimbunan cairan hati didalam perut. Keadaan seperti itu mengisyaratkan tanda-tanda liver yang berbahaya dan perlu penanganan tepat.

7. Kaki serta tangan jadi bengkak
Tidak hanya ada timbunan di perut, cairan yang di produksi akan menyebar ke bagian badan yang lain seperti kaki serta tangan. Itu adalah ciri yang sering dihadapi oleh pasien liver. Tidak cuma bengkak namun akan terasa lembek saat disentuh.

8. Gampang lelah
Saat liver sudah tidak dapat lagi untuk memproses dan membuang toksin dalam tubuh. Racun menyebar ke darah, jaringan otot serta organ yang lain. yang jadikan metabolisme terhalang hingga menyebabkan perasaan capek yang tidak dapat di hilangkan walau sudah beristirahat.

9. Kulit lebih sensitif
Tanda-tanda liver yang paling akhir yaitu kulit lebih peka. Kulit penderitanya bakal merasa gatal-gatal lalu memerah dan urat-urat terlihat lebih menonjol.

Itulah 9 tanda-tanda liver yang perlu anda kenali, sebagai langkah waspada dalam menghadapi masalah yang terjadi pada organ hati.

Sumber : lejitkan.men

No comments:

Post a Comment